Rabu, 21 Januari 2009

Doktor Cilik : Hafal dan Paham Al-Quran



Buku ini sangat disukai oleh Aza-ku... begitu diliatin buku ini pertama kali, dia langsung suka n ketawa-ketawa mesam-mesem sendiri. Dugaanku karena dia sebagai kaum Hawa, langsung tertarik dengan wajah imutnya Husein Tabatai di cover buku ini. Senyumnya begitu innocent... dan emang anak-anak banget gitu deh.

Hehhe.. ternyata Aza ama aku nggak ada bedanya... Aku jatuh cinta pada buku ini memang pertama karena sudah pernah baca lewat e-booknya and then tertarik ama senyum nih anak.

Banyak sekali sessi tanya jawab yang membuat kita tersadar atas keadaan kita di saat ini dari sudut pandang Qur'an... n modal buat apra ortu untuk mendidik anaknya kelak.

Dengarlah jawaban-jawaban yang keluar dari mulut seorang anak kecil ini:
Seseorang bertanya (T): "Bagaimana pendapatmu tentang budaya Barat"?
Husein menjawab (J) : "(Mereka) menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya" (QS. Maryam:59)
T: Apa pakaian yang kausukai?
J:"Pakaian takwa itulah yang paling baik" (QS. Al-A'raf:26)
T: Dimanakah Tuhan?
J:"Maka ke mana pun kamu menghadap di situlah wajah Allah" (QS. Al-Baqarah:115)
T: Jika seseorang menzalimi dan memukulmu, apa yang kau lakukan?
J:"Dan dalam qishash itu ada hidup bagimu." (QS. AL-Baqarah:179){maksudnya Husein akan membalas pukulan itu}
T:Siapa yang paling engkau cintai?
J:"Adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah." (QS Al-Baqarah:165) {maksudnya yang paling dia cintai adalah Allah}
T: Ayat mana dalam Al-Qur'an yang paling engkau sukai?
J:"Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin." (QS. At-Taubah:128)
T: Apa hadiah terbaik dari ayah kepada anaknya?
J: "Mengapa tidak pergi dari tiap-tiap golongan di antara mereka beberapa orang untuk memperdalam pengetahuan mereka tentang agama." (QS. At-Taubah:122) {maksudnya seorang ayah harus mendidik anaknya dalam bidang agama sebaik-baiknya}
T: Apa pendapatmu tentang sepak bola?
J: "Patung-patung apakah ini yang kamu tekun beribadat kepadanya?"(Al-Anbiya:52)
T: Apa pandanganmu tentang Israel?
J: "Mereka itu adalah orang-orang yang Allah tidak hendak mensucikan hati mereka." (QS. Al-Maidah:41)
T: AS berusaha untuk memutus hubungan antara Iran dengan negara-negara Arab, apa pesan Anda kepada para pemimpin Arab?
J: "Berpeganglah kalian semua pada tali Allah." (QS. Ali Imran:103)
T: Apa pendapatmu tentang kezaliman yang diderita bangsa Palestina hari ini?
J: "Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi." (QS. Al-Maidah:82)
T: Apa pendapatmu tentang para teroris?
J: "Dilaknati Allah mereka." (QS.At-Taubah:30)
T: Apa ayat yang paling berat dalam AL-Qur'an?
J: "Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur'an." (QS.Al-Qamar:17)

Dan masih banyak lagi dialog-dialog yang menarik dengan sang doktor cilik ini.
Di sana diceritakan perihal bagaimana amalan orang tua Husein sehingga memperoleh karunia besar seorang anak yang hafal dan paham Al-Qur'an. Tentang bagaimana orang tua Husein yang bertekad menghafalkan Al-Qur'an sebelum kelahiran Husein, sang ibu yang selalu membaca minimal 1 juz setiap hari selama hamil dan menyusui, ibu yang selalu berwudlu terlebih dahulu sebelum menyusui Husein. Dan banyak lagi penuturan orang tua Husein yang bisa diteladani.

Satu yang agak kusayangkan....kenapa buku ini terbit ketika dia sekarang sudah remaja.. padahal kemampuannya sudah ada sejak dia masih kecil.

3 Comments:

ufi yusuf said...

kalau ada kata yang lebih dari luar biasa..
bisa gak ya dijodohin sama saffa? :)

True-Lee .... said...

ufi.........bahaya dunk... ntar husein dikira pedofil

dj said...

yeah...
ana juga pernah baca sekilas..duh jadi ngiri tuh ma si anak....
mg ana bisa didik ana saya kelak sperti ortunya..^_^