Rabu, 05 November 2008

Sukses Tidak Harus Pintar

“Jika anda pintar,anda tentu sukses”. Kata-kata itulah yang banyak terpatri dalam diri anak anak muda sekarang. Padahal kesuksesan itu tidak dapat diukur hanya dengan kecerdasan. Pada kenyataannya sekarang saja ada berapa banyak orang yang menganggur padahal telah memiliki gelar sarjana dan telah berkompeten pada bidangnya. Ya, mereka adalah orang-orang pintar,namun tidak sukses bukan?

Makanya, jangan heran, jika anda menemui teman sekolah anda yang dulu dikenal tidak pintar namun akhirnya menjadi sukses karena masa depannya yang gemilang! Apa penyebabnya? Di luar nasib dan faktor 'lucky', banyak hal yang bisa membuat orang tidak pintar menjadi sukses, yaitu :

1. Ketrampilan sosial
Seberapa pun hebatnya intelegensi akademis anda, Anda tetap perlu memiliki intelegensi sosial, seperti kemampuan mendengarkan, peka terhadap perasaan orang lain, memberi dan menerima kritik dengan baik. Orang yang memiliki intelegensi sosial tinggi mampu mengakui kesalahan mereka dan dapat bersosialisasi dengan masyarakat dengan baik.

2. Kesesuaian antara bakat & minat
Sebuah kesuksesan memerlukan kecocokan antara kemampuan, bakat,kepentingan, keinginan, kepribadian, dan nilai-nilai dalam perbuatan anda.Bila minat anda tidak didukung bakat lebih baik beralih ke bidang lain yang cocok dengan bakat anda.

3. Komitmen
Sesuatu yang dilakukan setengah-setengah akan memperbesar kemungkinan gagal. Suatu tujuan perlu dibarengi tekad, semangat, dan komitmen yang kuat untuk mencapainya. Kurangnya penghargaan pada diri sendiri merupakan penyebab dasar kegagalan. Untuk bisa ambil bagian dalam sukses, Anda harus yakin bahwa Anda bisa melakukannya.

4. Fokus
Beberapa orang melakukan terlalu banyak kegiatan sehingga akhirnya tidak melakukan satu pun dengan baik. Fokuskan kembali diri anda pada apa yang paling baik dilakukan. Sadarilah keterbatasan anda, tetapkan prioritas, dan susun rencana masa depan anda.

Bagaimana jika cerdas ? Cerdas berbeda dengan pintar , cerdas tidak harus pintar. Orang cerdas lebih kreatif daripada orang pintar. Karena itu saya sangat setuju dengan penamaaan salah satu pilar kebijakan kota Bontang yaitu “Bontang Cerdas 2010”. Bontang membutuhkan lebih banyak orang cerdas dibandingkan orang pintar. Dan saya rasa untuk memulainya, haruslah diberi kebebasan anak-anak muda kota bontang untuk berkreasi. Buatlah sarana sarana yang mendukung anak muda bontang untuk melakukan hal hal positif, seperti olahraga,seni,dll. Seperti membuat tempat latihan balap motor permanen,lapangan futsal,lapangan basket,lapangan voli,lapangan basket serta cabang olahraga dan seni lainnya Karena saya rasa tren anak muda bontang saat ini adalah melakukan hal-hal negatif. Seperti nongkrong sampai malam dan balapan liar saat tengah malam. Bagaimana jika kebiasaan itu semua diganti dengan hal-hal yang positif.. Karena itu perlu komitmen dari semua pihak untuk melakukan itu.

Dan jika saya menjadi Duta Remaja Bontang saya akan berusaha untuk lebih fokus pada mengajak teman-teman dibontang untuk menjadi cerdas,dan lebih kreatif. Dan pada akhirnya sukses bukanlah sebuah impian yang terbang begitu saja.


PS: KArya Gaffar Adhitya E. Kelas XI IPA 4 SMAYPK untuk Duta Remaja Bontang 2008

tulisan Gaffar ini kucuplik..karena emang bagus banget menurtku, karena sesuai banget ama pemikiranku..dan kebetulan materiku untuk masuk kelas X bbrp minggu kedepan, topiknya adalah ttg hal ini. Salut deh "Pank" kamu bisa baca apa yang ada di hati ibu"

0 Comments: