Rabu, 05 November 2008

Viva Barry Obama

Pemilu presiden Amerika yang ke-44 ini terasa spesial banget buatku. Bohong banget kalo aku bilang, bukan karena pesona bung B.O ini yang pernah grow up di Jakarta..aku jadi tertarik ngikutin serba-serbi ttg negara super power ini dari pertama kali campaign ampe sekarang.

Barry emang keren banget.. terlepas dari dia pernah gede di Indonesia, kharismanya emang kuat banget daripada lawannya John Mccain.

Baru kali ini juga aku tertarik ngikutin pilpres Amerika.. bukan hanya ngikutin ngelu-ngeluin nama om Barry, tapi juga jadi rajin ngebaca berbagai literatur ttg Amerika, sejarah pilpres disana, sistem pemilihan nggak langsung disana,dll. Beberapa manfaat yang kudapat setelah bbrp waktu ini ngikutin perjalan pemilu mereka, aku jadi tau ttg :

1. Pemilu pilpres di Amerika itu selalu dilakukan hari Selasa, pada awal bulan November. Hal ini ada latar belakang sejarahnya... bukan karena rakyat Amerika benci hari Senin (I hate Monday; istilah yang terkenal banget).. tapi memang ada makna filosofis yang ternyata setelah diselami itu masuk akal bgt. Bagi mereka, hari selasa di awal bulan banyak memberikan keuntungan, selain secara ekonomi (awal bulan habis terima gaji), perdagangan (hari Senin, fluktuasi di bursa saham, bisa bikin warga stress, makannya dipilih hari Selasa), pertanian (zaman dulu rakyat Amerika, mayoritas kaum petani, yang notabene klo mau nyoblos harus pergi ke kota dulu..jauh banget.. makannya dikasih kesempatan perjalanan hari Senin, sehingga hari Selasanya udah nyampe di kota tujuan), demografis, maupun religius. Panjang banget klo aku harus jelasin alasannya.
2. Sistem demokrasi di Amerika itu adalah demokrasi tak langsung, jadi rakyat tidak memilih secara langsung presdiennya, melainkan dengan sistem ellectoral college. WAh..berarti Indonesia selangkah lebih maju buat pelaksanaan demokrasi, karena rakyat kita ngantri milih langsung.. tapi banyak kemunduran buat masy.kita yang klo calonnya kalah, pasti masa n calon itu sendiri ngamuk.. entah pergi ke dukun, tawuran lah, suap, calonnya stress ampe manjat tiang litsrik, dll.
3. Di Amerika, ada kepercayaan bahwa calon mana yang patung or pernak-perniknya paling laku kejual pas perayaan Halloween..pasti jadi pemenang pilpres.
4. Jadi seneng klo dengerin berita ttg politik sekarang.
5. Jadi mulai tertarik ama Amerika lagi...setelah sekian lama "benci-benci rindu" ama Amerika (bukan apa-apan, karena aku punya tante, sepupu n sahabat yang berdomisili di Piladelphia n Atalanta, kangen mereka... huhu...)
6. Obama jadi presiden kulit hitam di Amerika untuk pertama kalinya
7. Materi ttg pilpres kali ini, bisa jadi bahan diskusi maupun becandaanku ama Carry (native speaker dari Minnesota, AMrik, yang 9 bulan ini magang di SMA YPK)

The last but not least... aku n si papa sepakat bahwa beberapa bulan ini.. kami jadi jago klo diskusi ttg pemilu disana, politik jadi topik pembicaraan kami ketika waktu luang... ilmu kami jadi banyak bertambah ttg politik. Padahaal...dolo-dolo kami cenderung malas klo ngomongin AMrik, apalagi si Bush.. Cape deh!!

Selamat buat kang Bary... semoga kepemimpinanmu bisa membawa perubahan positif bagi dunia. Keluarga kami, emang nggak muluk-muluk bermimpi dia bisa inget Indonesia, yang jelas harapan kami cuma satu yang diatas tadi.

PS : hehe..he.. semua orang yang pernah deket ama diapada ngetop n rajin masuk tipi sekarang; dari mulai teman sd, temen main waktu kecil,pengasuhnya dia, guru, ampe saudara tirinya- adik tirinya barry.. Yusuf n sapa ya namanya lupa (domisili di Lampung). Kapan ya...ada capres dari alumni YPK ... anything is possible kata Barry di setiap kampanyenya ... cheers!!!

0 Comments: