Minggu, 10 Mei 2009

Study about Korea




Wow...ketemu dengan Duta Besar Korea Untuk Indonesia, Mr. Kim Ho Young...ini kesempatan langka. Bisa berfoto bersama dan mengamati beliau dari dekat, adalah suatu hal yang menarik. Ya..... SMA YPK mendapat undangan untuk lokakarya tentang Korea. Ada 60 sekolah se Indonesia yang mendapat undangan, namun hanya 47 saja yang bisa hadir. Untuk wakil Kaltim,kebetulan hanya 2 sekolah yang terpilih..yaitu SMA YPK dan SMA Patra Darma Balikpapan. SMA kami diharapkan nantinya dapat mengembangkan budaya dan bahasa Korea, dan mempromosikan Korea kepada siswa-siswanya. Saya dan teman-teman yang hadir waktu itu juga dijadikan anggota International Association of Korea Studies in Indonesia (INAKOS).

Membicarakan Korea..sebenarnya tidak terlalua asing bagiku. Kebetulan ketika kuliah, aku sempat ikut 1 semester mata kuliah bahasa Korea di fakultas Ilmu budaya (walaupun gk sampe selesai..karna maaf waktu itu aku sibuk banget.....wek..gaya banget..n sok sibuk)..hehe.. tapi serius kok.. letak kampus FIB yang bertetangga dekat dengan psikologi UGM membuatku sering main ke FIB. Dolo zaman kuliah, FIB sering ngadain pekan film dan budaya.. dari pekan film Perancis, Turki, Mandarin, Arab, ampe Korea kujabanin. Maklum..tiketnya murah, cuma 1000 perak untuk sekali nonton. Nah..dulu aku termasuk penggila film Korea ampe sekarang. DAri mulai SILMIDO, TAEGUKI (ttg tentara Korea), MY SASSY GIRL, MY LITTLE BRIDE, FULL HOUSE, IL MARE, WINTER SONATA, dll.

Selama 4 hari itu kami belajar mengenai seluk beluk Korea, budaya orang-orang Korea Selatan yang lekat sekali dengan konfusiusnisme nilai-nilai tradisi yang dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, bisnis dan pendidikan di Korea, pangsa pasar untuk pekerjaan di Korea, dan tentunya belajar bahasa Korea.

Korea...sekarang menjadi salah satu macan Asia, selain Jepang, Cina, dan Singapura. Korea yang sempat tergerus krisis ekonomi, negara yang miskin akan SDA...justru bisa merajai produk-produk teknologi dan otomotif. Sebut saja Hyundai, Mazda, Samsung, dan LG.........rumah atau kantor mana yang tidak ada merk tersebut didalamnya..

Banyak hal yang menarik dari budaya masy. Korea....seperti :

1. Guru/Dosen adalah profesi yang sangat dihormati...dan dijunjung tinggi seumur hidup. Pendapatan guru/dosen juga tergolong tinggi disana. Hanya orang-orang yang terpilih yang bisa lolos jadi guru/dosen disana. Oia...penghormatan terhadap guru itu adalah suatu kewajiban.......
Sebuah cerita menarik : duta besar Korea mau membawakan tas koper dosennya yang pernah mengajar.........ough.........mana gk ada pengamanan protokoler ..so humble..

2. Orang Korea memiliki nasionalisme yang tinggi terhadap bangsa dan negaranya. Mereka bangga pake produk buatan Korea (hehe.........indonesia gmana? bangga pake produk-produk luar kali ya?)
3. Bersendawa di depan umum...bagi orang Korea itu biasa...jadi jangan takut dianggap tidak sopan.
4. Jika di Indonesia, angka yang tidak disukai adalah 13...karena dianggap angka sial dan melambangkan kematian. Nih penting buat yang punya partner bisnis orang Korea..jangan memesankan kamar hotel atau nomor meja makan angka 4.
5. Prinsip mereka.waktu adalah uang.........jadi gk ada istilah malas-malasan. Budaya senggol menyenggol ketika mengantri atau berjalan kaki...disana biasa..karena semua serba terburu waktu.
6. Korea adalah negara yang jika bekerjasama..tidak mau prinsip seluruhnya ditanggung, mereka senangnya 50%-5o% karena sama-sama menguntungkan.. Mereka juga menganut sistem kerjasama kota kembar. Misalnya, proyek Surabaya=sebuah kota di Korea Selatan, proyek Yogyakarta=Busan (klo gk salah), dll.
7. Korea adalah investor kelima di Indonesia..sedangkan Indonesia adalah negara ke 12 yang memegang peranan penting bagi Korea.
8. Orang Korea yang sudah tua/berumur..kelihatannya masih muda, padahal sudah tua. Resepnya katanya suka olahraga hiking dan rajin makan KIMCHI (makanan khas Korea seperti asinan sayur.
9. Bangsa Korea...baik Korsel maupun Korut...itu terdiri satu suku dan satu bahasa.
10. Makan merupakan hal sangat penting sebagai sarana keakraban, negosiasi, dll. Oleh karena itu, sapaan "Sudah makan?" merupakan sapaan yang SANGAT LAZIM seperti halnya selamat pagi,siang,sore,malam.
11. Umur orang Korea dihitung mulai saat janin berada dalam kandungan. Jadi begitu bayi lahir umurnya sudah 1 tahun.
12. Saat berkunjung ke rumah orang Korea, tamu tidak perlu melepas alas kaki (kaos kaki makusdnya)..karena dianggap tidak sopan jika bertelanjang kaki.
13. dll




Terlepas dari keunikan Korea tadi..ada banyak hal yang juga ingin dipelajari orang Korea dari Indonesia, misalnya :

1. Pengen lebih banyak mengkonsumsi air putih daripada SOJU (minuman keras) yang katanya harus selalu ada di setiap saat mereka makan. Air putih.........bagus untuk kesehatan lho!!
2. Pengen lebih banyak belajar persatuan dan kesatuan bangsa yang bisa akur walupun terdiri dari beragam suku,bahasa, dan agama. Mereka kan cuma 1 suku dan 1 bahasa aja.

Banyak banget cerita menariknya......yg jelas ada sesi pemotretan pake hanbok (pakaian tradisional Korea), dan masak-masakan Korea. Anyonghaseyo-Kamsahanida

1 Comment:

ara said...

waahhh senangnyaa..halaman ini ngebantu aku sekali..really2 big thanx!!ehehe