Minggu, 21 September 2008

Filosofi Kopi

Filosofi kopi kali ini yang bakalan kubahas buknlah novel karaya DEE alias Dewi Lestari..tapi tentang suatu peristiwa di malam minggu kemaren yang membuat otakku sangat disibukkan dengan yang namanya KOPI.

Ya, malam itu tepatnya..rumahku kedapetan giliran buat nyedian termos berisi kopi panas, kue n rokok buat petugas ronda di lingkungan RT-ku. Nah masalahnya adalah ini adalah pengalaman pertama (maklum baru 2 bulan ini tinggal di rumah baru n RT baru). Pengalaman pertama ini bukan hanya sebagai warga baru tapi PENGALAMAN PERTAMA KALINYA AKU BIKIN KOPI !!! (jangan diketawain ya).

Ya...selama ini aku tidak pernah sama sekali bersentuhan dengan yang namanya KOPI,..pure bener-bener KOPI, entah biji kopi, kopi bubuk, dan sejenisnya. Bukan karena aku males, manja or apalah yang ada di pikiran kalian..TAPI ini karena lingkungan keluarga-ku tidak terbiasa dengan benda ini. Ayahku bukan penggemar kopi, ibuku,adekku, suamiku apalagi anakku bukan penyuka KOPI. Jadi di dapur keluargaku, KOPI bukanlah benda yang bisa dijumpai. Waktu aku kuliah-pun, yang kukonsumsi sebagai mahasiswa klo pas dikejar deadline tugas or lagi ngelembur buat skripsi.. adalah sebungkus COFFE-MIX (mereknya apa aja terserah).. bukan KOPI murni yang amasih asli yang bikinnya harus diseduh pake air panas n gula. Oh Tuhan..

Nah malam itu, aku harus kudu mesti membuatkan pak petugas ronda itu minuman tersebut. Dengan semangat yakin aku melangkahkan kakiku ke dapur, saat kubuka bungkus kopi murni merknya KAPAL API yang kubeli di toko, aku sebenernya udah ragu-ragu gimana nih cara membuatnya, karena sumpah..aku nggak familiar dengan makhluk ini.

Kupanaskan air, kusiapkan kopi n gulanya.. lalu kauduk-aduk.. wah perconaan pertama.. kuberikan kopi ini ke suamiku dan kuminta dia untuk mencobanya.. katanya "Kurang manis..n kurang kental" Waduh..gimana nih.. Pendek kata "PERCOBAAN PERTAMA GAGAL" Beberapa saat aku sempat desperate dengan hal ini..ampe mau nangis.. kenapa aku dikerjain ama malkhuk yang namanya kopi ya (disaat ini..aku jadi teringat dengan para penemu n penggagas adanya coffe mix dalam kemasan sachet--terimkasih ya pak/bu udah bikin invention yang berguna banget). KArena udah putus asa...ide aneh akhirnya timbul di otakku...kujejerkan banyak gelas di meja..kutuangin deh air panas di masing-masing gelasnya, trus kutuang kopi n gula juga masing-masing. diaduk..baru deh diicipin.. Klo porsi kecil gini lebih gampang dirasain n ditakernya. Begitu udah enak (tentunya menurut lidahku.. mungkin gk kayak kopi..malah lebih mirip teh manis wujudnya.. bodo deh).. baru dituangin di termos pak Ronda. SIIP..

Beberapa lama kemudia ketika aku muali mempersiapkan peristrihatanku..aku sampe ketawa n nyengir-nyengir sendiri..kenapa?? ya..karena aku nggak bisa bikin kopi, gk tahan waktu ngudek kopi (baunya kayaknya nyengat banget). Ya mungkin ini suatu pelajaran bermakna bagiku, bahwa banyak orang suka minuman jenis ini, tapi...aku bikin aja nggak bisa, minum juga nggak suka... nggak ada kata kita nggak mau nyoba.. minimal untuk membahagiakan orang lain yang lagi ronda. Maaf ya pak klo kopinya gk enak.. Piis!!!

0 Comments: