Sabtu, 03 Januari 2009

Road To Aceh (Part 1) : Persiapan




“Trully, umur berapa sekarang anaknya?”
“1 tahun pak”
“Nah, selama ini klo kamu kerja, anaknya gimana?”
“Hehe..saya titipkan ke mbahnya pak. Alhamdulilah sampai saat ini,
anak saya bukan tipe anak yang sulit dan rewel”.
“Kira-kira, klo kamu dines ke Aceh sekitar 3 hari, bersedia nggak?”
“Ngapain pak…ampe nyungsep ke Aceh segala?”
“Ngisi materi motivasi, seputar jalur-jalur PTN, dll di sekolahnya pak Dirut PKT. Sekolah ini akan meluluskan angkatan pertamanya tahun ini. Gimana, siap nggak?”
“Oia Trul, Acehnya bukan di kota besar kayak Banda Aceh atau Lhoksumawe lho…”
“Nah lho, dimana Pak?”
“Meukek….3 jam dari Meulaboh, klo naik darat. Klo kamu nggak dapat pesawat dari Medan-Melabouh, berarti kamu harus menempuh perjalanan selama 12 jam dari Medan!”

Itulah dialog-ku dengan pak Gofar, Kabid Akademik di tempatku bekerja. Tumben-tumbenan beliau mau mampir ke ruanganku.

Tuing-tuing… sejujurnya aku kaget langsung ditodong kayak gitu.. malah tadinya aku sempet GR… karena jangan-jangan ini indikasi buat disekolahin S2!! Hahaha.. maklum yang ada di pikiranku beberapa bulan terakhir adalah keinginan untuk nelanjutin sekolah.

“Insyallah saya siap pak.. tapi saya confirm ke suami dan mama saya dulu”
“OK, saya tunggu jawabannya secepatnya”

Pendek kata… kutelpon suami n mama… dan ternyata semuanya bilang.. nggak ada masalah………Aza bisa ikut mama.. Cuma pesen mama : “jangan lama-lama, begitu selesai langsung pulang... inget anak"

Oia..aku juga langsung cari di goggle..tentang Meukek..kota tujuanku.. dan ternyata.. nggak ada.. yang bisa kutemukan hanya informasi “Ditemukan 5 orang tewas dimakan macan”…. HAH!!!...........scary places nih kayaknya!! Bismilah deh… toh tujuanku baik pergi kesana, insyallah allah meridhoi.

Ternyata aku pergi bersama Mr. Agus Ihkwan Mahmudi, yang notabene punya background S2psikologi SDM UI. Kenapa hanya 2 orang yang pergi?? Ya..karena kali ini pak dirut memang me-request orang-orang yang berlatar belakang psikologi untuk datang ke sekolahnya. Persiapan untuk kesana benar-benar kami lakukan dalam waktu yang singkat, gimana nggak. Rabu siang kepastian pergi, jumat malam harus sudah berangkat. Kilat………materi motivasi, PTN favorit beserta jalur-jalurnya, Bakat-Minat, dll bener-bener dipersiapkan. Karena hanya pergi berdua… suami berpesan : Jaga kepercayaan keluarga!!!..........Wuih…..dahsyat!!...OK, Pastinya Pa..insyallah bisa!!

Jujur, aku belum kenal betul dgn sosok pak Agus.. karena aku baru dipindahkan ke SMA, aku baru bbrp kali saja berbicara dengan beliau, itupun hanya sepintas lalu… tapi ternyata………justru dengan inilah media kami untuk menganal satu sama lain.. dan ternyata.. selama perjalanan nanti.. pak guswan benar-benar sosok yang inspiring dan banyak bawa energi postif buatku. Nggak rugi lah pokoknya kerja bareng bapak “pemalu” yang satu ini.

Jumat malam, jam 12 WITA, kami pergi ke balikpapan naik taxi.. karena nggak dapat penerbangan ke BPP..pesawat full booking karena musim libur. Nyampe di BPP jam 04.30.. ee…bandara belum buka, terpaksa kami nunggu di dalam taxi sekitar setengah jam. Kami naik Lion Air tujuan BPP-Medan selama 3 jam. Di Medan, rencananya kami akan menginap di Mess PIM (Pupuk Iskandar Muda). Kami sudah contact2an dengan pak Tekad, yang banyak membantu kami selama di Medan, dari mulai mencarikan akomodasi, tiket pesawat ke Meulaboh, dan memperkenalkan kami pada pak Usman (sopir Betor :Becak Motor) yang menemani kami keliling Medan satu malam. Medan I am coming.........

0 Comments: