Sabtu, 03 Januari 2009

Road To Aceh (Part 2) : Di Medan



Sampai di Medan jam 3 sore………benar-benar membuatku senang, karena inilah kali pertama aku bertamasya ke Sumatera. Medan benar-benar kota yang padat, agak semrawut kotanya, terutama lalu lintasnya……..wuih..serem.. semua saling serempet.. tapi tetap indah kok.

Mess PIM terletak di kompleks perumahan, tempatnya sederhana tapi bersih. Disini kami akhirnya bertemu pak Tekad, orang yang selama ini hanya kami hubungi lewat HP saja. Ternyata begitu melihat wajahnya… WUIH….orangnya gagah, masih cakep (waktu mudanya pasti cakep bangat, wong sekarang aja masih cakep), rambutnya nyentrik (ubannya putih semua)… Wajahnya mengingatkanku pada sosok Mantan Ketua YPK, Ir. Zulkifli Arman. PErcis banget.. bnedanya, pak Tekad lebih gonrong n nyentrik rambutnya dibanding pak Zul.. Heheheh.. PEACE!!!

Aku dan pak Guswan berada di 2 kamar yang berdekatan. Setelah mandi, sholat, dan istirahat sebentar… kami jalan-jalan naik Betor-nya pak Usman. Becak Motor…kayak Tuk-tuk klo di Thailand merupakan sarana transportasi rakyat di Medan. Enak… murah, banyak angin, bisa liat-liat kota, n yang terpenting bisa ngebut n mblusuk-mblusuk ke gang-gang kecil

Tujaun pertama kami……….makan…lapar banget. Kami bertanya ke pak Usman, menu khas orang Medan itu apa pak? “Warung Padang”..celetuk pak Usman… Walah… klo RM. Padang, di Bontang mah banyak.. Akhirnya karna bingung..ujung-ujungnya kami makan KFC di sebrang toko buku Gramedia. Kenapa? Karena tujuan utama kami adalah belanja buku di Gramedia untuk diserahkan ke sekolah SMA Insan Madani, Meukek sebagai koleksi perpustakaan. Buku yang dibeli adalah buku-buku seputar motivasi, pengembangan diri, ketrampilan hidup, biografi, dll. Kami berdua dipercaya untuk memilih judul sesuka kami… haha..mungkin kami dianggap expert kali yak lo urusan milih-milih buku. Budget yang harus digunakan adalah Rp 2.000.000. Gampil… milih doank kan……..!!!

Ternyata………milih buku nggak segampang yang kami bayangkan. Kami berdua bingung karena banyak banget pilihannya. Akhirnya kami sepakat bagi tugas… pilih aja buku yang sesuai selera masing-masing..trus nantinya digabungin, judul yang sama..dipilih satu aja. Hunting dimulai……kami masing-masing berpencar, bawa keranjang buku masing-masing juga. Buku-buku Andre Wongso, Biografi Einstein, Obama, dll kami masukkan satu satu. Intinya malam itu, kami bersa jadi orang kaya yang lagi hambur-hambur duit buat beli buku. Orang-orang di sekeliling kami bingung kali ya

Begitu udah ngerasa cukup n banyak, kami langsung sortir di kasir……. Ternyata memang pilihan kami OK-OK… nggak ada yang dobelan. Begitu di total di kasir…….kami langsung kaget.. kami udah PD aja, pasti udah nyampe 2 juta……..TERNYATA.. buku sebanyak itu yang kami ambil setelah ditotal masih sekitar Rp 1.200.000an.. HAH!!... Kok masih jauh dari 2 juta, perasaan udah banyak banget ngambilnya. TERNYATA LAGI, kami datang di saat hari terakhir diskon di Gramedia, ALL ITEMS diskon 30%. DAHSYAT!!.. Kamipun.. kembali lagi untuk mencari-cari buku lain. 3x kami bolak-balik mengambil dan mengambil buku lagi..ternyata begitu ditotal juga masih Rp 1.500.000. Karena sudah kelelahan, kamipun sepakat untuk mengakhiri petualangan buku ini. “Udah deh.. udah banyak kok..lagian kami udah capek banget”. Nanti tinggal di PJ-in aja klo belanjanya nggak nyampe 2 juta.. kaki kami udah nggak kuat…gempor!!

Muter-muter kota Medan.. kami yang duduk berdua di Betor sama-sama berucap “Seandainya kita sama istri/suami dan anak masing-masing ya”.... Medan di waktu malam… tetep macet, rame, tapi indah. Kami melewati kantor Gubernur yang arsitekturnya bagus banget (perpaduan zaman kolonial-modern), ngeliat lampu-lampu Mal yang megah, dlll. Terakhir kami mampir makan di sebuah gang sempit yang menjual menu nasgor medan + kerang rebus. Hm.. nyammy.. enak juga.

To Be Continued……

0 Comments: